Honor Tulisan dan Biodata Penulis

Menulis di Media Cetak Indonesia (6)
www.fatihsyuhud.com

Biodata Penulis dan Bonus Tulisan

Biodata

Setelah tulisan selesai, jangan lupa menuliskan biodata anda.Biodata penulis biasanya harus berkaitan dengan tema tulisan dan isinya singkat. Kalau kebetulan tema tulisan sesuai dengan jurusan dan/jabatan kita, maka jurusan/jabatan bisa digunakan sebagai biodata. Contoh, Sdr. Purwono, Medan, menulis artikel seputar sastra, maka biodatanya bisa dua macam (a) Dosen Fakultas Sastra UISU, Medan; atau (b) Pembantu Dekan I, UISU, Medan (jabatan ini dapat juga dipakai sebagai biodata tulisan yang berkaitan dengan dunia pendidikan secara umum).

Akan tetapi kalau tulisan kita berkaitan dengan masalah yang tidak ada hubungannya dengan jurusan kita, maka dapat menggunakan biodata yang berkaitan dengan tulisan tsb. Contoh, Tasar Karimuddin yang jurusan ilmu politik menulis seputar agama, maka biodata bisa ditulis sebagai berikut: Penulis adalah Khatib KBRI New Delhi, atau Staf Litbang PPI-India, dst. Intinya, biodata bukan soal yang sulit. Ia dapat fleksibel, sesuai kebutuhan dan tema tulisan yang kita buat.
BonusApakah tulisan yang dimuat ada honornya? Tentu ada. Namun, honor tulisan lebih pantas disebut bonus mengingat jumlahnya tidak begitu besar, bahkan sangat kecil untuk koran daerah, kalau diingat bahwa diperlukan painstaking effort untuk riset bahan, dan lain-lain. Apresiasi intelektual memang masih sangat kurang di negara kita dibanding di negara maju. Termasuk dalam hal ini honor/gaji dosen (PNS atau swasta), misalnya, yang kalah jauh dengan penghasilan tukang bengkel atau pemilik toko.

Namun demikian, dibanding di India, honor tulisan di kita terbilang lumayan. Di the Jakarta Post (artikel bahasa Inggris), misalnya, tulisan yang dimuat bernilai Rp.750.000. Sedang di Kompas dan Jawa Pos, masing-masing Rp.450.000 dan Rp. 500.000. Ketiga koran ini adalah yang terbesar honornya. Sedangkan koran nasional lain seperti Media Indonesia, Suara Pembaruan, Suara Karya, dan lain-lain dan koran daerah di Jawa rata-rata Rp.300.000. Sementara untuk koran daerah luar jawa berkisar antara Rp.50.000 sampai 200.000.

Menulis memang hendaknya tidak diniatkan untuk mengharapkan honor (baca, untuk cari duit). Karena kalau ini yang jadi tujuan, banyak aktivitas non-intelektual lain yang dapat menghasilkan jumlah lebih besar, walaupun kalau tulisan kita dimuat secara teratur dua kali saja dalam sebulan bisa melebihi gaji dosen. Menulis, seperti yang pernah saya singgung sebelumnya, bertujuan utama untuk (a) membangun kredibilitas intelektual dan gelar yang kita sandang; (b) menyebarkan ide yang kita miliki ke kalangan yang lebih luas; (c) ikut mewarnai dunia wacana nasional yang akan punya pengaruh langsung pada pembangungan masa depan Indonesia dan (d) membentuk citra baik almamater, institusi dan jabatan yang kita sandang.

PENUTUP

Sebagai penutup uraian singkat tips menulis ini saya ingin mengulangi dan menekankan bahwa belajar menulis, terutama bagi pemula, adalah DENGAN MENULIS APA YANG MAU KITA TULIS. TIDAK PERLU BELAJAR TEORI. Dan kirimkan tulisan tsb. ke media. Idealnya, sebelum dikirim tulisan kita diperiksakan dulu pada rekan atau dosen anda yang biasa menulis. Kalau tidak ada, langsung saja dikirim. Jangan lupa, usahakan setiap hari membaca rubrik: headlines, editorial dan artikel opini koran yang anda baca. Soal nonteknis yang tak kalah pentingnya untuk produktifitas menulis adalah BE RESILIENT AND HUMBLE (tidak mudah putus asa untuk terus mencoba kalau tulisan tidak dimuat dan tetap rendah hati ketika tulisan dimuat).

Selamat memulai menulis dan bagi yang membutuhkan bantuan teknis (editing, bahan, dan lain-lain) silahkan kirim email ke salah satu rekan berikut: saya (gagho@yahoo.com), Rizqon Khamami (rizqonkham@yahoo.com), Qisai (qisai@yahoo.com), Izam Zamhasari (izamsh@yahoo.com).

Mari maju bersama mencapai kredibilitas intelektual pribadi dan almamater (mahasiswa dan masyarakat Indonesia di India).(TAMAT)[]

Sumber: http://www.fatihsyuhud.com

Tip Menulis di Media Massa Cetak atau Online

Tips Menulis di Blog

21 tanggapan untuk “Honor Tulisan dan Biodata Penulis

  1. Mas Fatih, tulisan anda jadi bikin saya semangat menulis lagi nih. Ternyata honor buat tulisan di media cetak, lumayan besar juga ya. Terima kasih ataf info anda.

    Suka

  2. saya seorang guru sltp. suka juga menulis. pernah menang dalam beberpa lomba cipta cerpen dan naskah drama. tolong kasih masukan yang jitu agar tulisan saya dapat dimuat di kompas. saya pernah kirim cerpen beberapa kali dan di tolak. sekarang lama tidak kirim cerpen ke surat kabar. tq atas kebaikan hati anda.

    Suka

  3. assalamualaikum
    mas boleh tau ndak standard spesifikasi teknis artikel yang layak terbit, spasi,jumlah kata ,margin kiri -kanan,jd kt jd lebih pede ,krn udah memenuhi syarat administrasinya,tinggal tingkatkan kualitasnya ,makais wassalam

    Suka

  4. menulis adalah sesuatu yang sangat fenomenal selain berlatih memenej kata, mengatur gerak alur otot syaraf yang kaku juga menambah wawasan kita tentang apa yang kita tulis serta dapat mentransfer ilmu yang kita tulis pada pembaca, terlebih bagi seorang penulis yang sdh profesional. tetapi bagi pemula jangnkan dpt memaparkan sebuah ide secara sistematis untuk memperoleh idenya itu sendiri kesulitan ditambah dengan keputus asaan yang enantiasa mendera pemula. nah bagaimana mendapatkan ide -ide yang cocok dan dapat diterima oleh media untuk dituangkan dalam sebuah artikel . dan bagaimana pula mengatasi putus asa dalam menulis. terima kasih

    Suka

  5. hm..
    ak mau mencoba menulis
    walaupun ak seorang pelajar SMP.
    itung-itung sbg bantu biaya uang sekolahku…
    apakah anda dapat membantu saia????
    wawasanku cukup luas di dalam bidang-bidang tertentu.
    jika anda berniat membantu saia…
    tolong kirim pesan ke email sya..
    virlie_20@yahoo.com
    sebelumnya saia finny mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada anda………………………………..

    Suka

  6. Terimakasih banyak mas, saya sedang proses mengembangkan potensi diri dalam bidang menulis. Minta dukungannya agar upaya saya dapat berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa Indonesia/masyarakat luas. Selain itu saya juga berharap dapat memperoleh manfaat baik yang berupa materi/imbalan/honor dan immateri/kepuasan batin.

    Suka

  7. kalau tulisan bukan berupa hal-hal yang sangat banyak diangkat bagaimana? saya jurusan teknik elektro UPI. tapi saya sangat cinta dengan dunia musik, apalagi perkembangan musik indie di Bandung salah satunya. apakah ada peluang kalau tulisan saya akan dimuat. terimakasih

    Suka

  8. walaupun bonus bukanlah tujuan utama untuk menulis di media cetak, tetapi ia merupakan motivasi bagi penulis agar lebih kreatif lagi. pertanyaan: apakah kita mencantumkan no. rekening pada saat bersamaan mengirimkan tulisan ke email media? karena bagaimana cara kita mendapatkan bonus tersebut.
    trims…………….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s