Petunjuk praktis membuat Blog (1)

Perhatian: Seri tutorial cara membuat blog, lihat link-link di akhir tulisan ini untuk info seputar ngeblog. Tutorial ini memakai bahasa Indonesia. Mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan di blog ini dibolehkan asal menyebut www.fatihsyuhud.com sebagai sumber referensi.

Cara Membuat Blog: Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia. Di luar negeri, blog sudah berkembang sejak lama. Kita saja yg memang suka ketinggalan.

1. Apa itu blog?

Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek “ramah” di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.

2. Bagaimana cara membuat blog?

Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda. (bersambung)

Tutorial WordPress.com

Tutorial Blogger.com / Blogspot

Tutorial Umum Blogging (Untuk Wordress dan Blogger.com/Blogspot): Promosi dan Manfaat Membuat dan Menulis Blog

Pasang Iklan, Dapatkan Penghasilan Online

Tips Menulis di Blog

Sumber: http://www.fatihsyuhud.com

 

41 tanggapan untuk “Petunjuk praktis membuat Blog (1)

  1. mas, mau tanya…saya iseng buat blog di blogspot.com dan menulis semaunya (only curhat). tapi untuk variasi halaman blog saya tidak tahu cara buat, saya bahkan tidak tahu cara memasukan tulisan baru (lupa account gmail).
    apakah alamat gmail itu begitu penting ? mengapa sulit untuk daftar baru atau ubah password ? dan sebenarnya apakah membuat blogspot itu gratis atau bayar ya ? terima kasih

    please help (and reply to my office email)

    Suka

  2. sangat bermanfaat, semua kebaikan PASTI dibalas kebaikan, namun nilai kebaikan ada pada diri sendiri, atau dari niat yang tulus untuk kebaikan. Termakasih banyak ya mas.

    Suka

  3. mas,,,yg cr mbuat blog di blogger.com gak bs di download di komputerku(ngerti kn maksudx?jd tiap nge link mesti ada tulisan “web can not be displayed”)itu knpa y mas?

    Suka

  4. Mas….ngintip ilmunya ya……..aku baru mau mulai belajar….walau sekarang masih bingung tapi kalo liat tutorialnya yg jelas banget gini, kayaknya sih bisa…..makasih ya…..

    Suka

  5. mas patih, salam kenal dari aq. mas walaupun aq sudah tua aq jg nggak mau ketinggalan dengan yg muda, jg belajar bikin blog, tapi karena sdh telmi aq nggak terlalu bisa ngikutin petunjuk yg mas buat, tolong dong gimana caranya bikin buku tamu dan penyediaan tempat tex tuk menulis. kalau bisa langsung di link aja, matur nuwun sanget

    Suka

  6. mas fatih, saya udah buat blog tapi mau saya delete gimana caranya ya? soalnya waktu buat blog kurang persiapan, maunya kan buat butik online gitu, tapi mau meng-edit atau mau download gambar ga bisa. Oya cara buat butik online di blogspot gmn ya? Step by step dong…Please do help me.

    Many Thanks,

    wiwien

    Suka

  7. Mas Fatih salam kenal, saya Yuli di Sidoarjo. Saya belum satu bulan belajar blog. Baru bisa posting artikel, itu pun hanya di blogspot. Bagaimana caranya mempublish ? Bagian mana yang harus saya pelajari duluan, biar cepat berkembang. Makasih banyak.

    Suka

  8. saya udah buat blog di wodpress, tapi ga tau gimana cara bikin halaman duanya seperti yang anda buat ada awal, about, refleksi, dll. Caranya gimana? ditunggu jawabannya ya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s