Beasiswa Unggulan Depdiknas 2007

Program Beasiswa Unggulan adalah program beasiswa yang dirancang guna mewadahi putra-putri terbaik dari seluruh Nusantara untuk dididik menjadi kader-kader bangsa yang matang,cerdas, dan berkepribadian nasional Indonesia serta mampu membangun dan mengembangkan sumber daya daerahnya sehingga mempunyai daya saing baik nasional maupun internasional.

Program beasiswa ini meliputi program D4/S1, Master dan Doctor baik di dalam maupun di luar negeri. Pola pembiayaan beasiswa ini menggunakan pola sharing antara pemerintah Pusat, Provinsi,Kabupaten/Kota maupun Industri.

Klik disini untuk Pengumuman PENERIMA BEASISWA UNGGULAN DEPDIKNAS 2007 BIDANG PENELITI, PENCIPTA, PENULIS, SENIMAN, TOKOH, & OLAHRAGAWAN TAHUN ANGGARAN 2007

Pengumuman penerima Beasiswa Unggulan Tahap 1

Pengumuman penerima beasiswa unggulan tahap 2

Pengumuman penerima beasiswa unggulan tahap 3

Program Beasiswa Unggulan merupakan bagian program didalam Renstra Depdiknas tahun 2005-2009
Koordinator program beasiswa ini adalah Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional .
Program Beasiswa Unggulan dilaksanakan bertujuan untuk :

A.  Menyeleksi dan merekrut lulusan dari SMA/MA/SMK/Ponpes/Politeknik dan sarjana terbaik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.
B.  Melatih, membina dan mengembangkan lulusan terbaik dari SMA/MA/SMK/Ponpes/Politeknik dan sarjana dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menjadi kader terbaik bangsa.
C.  Menaburkan dan menebarkan alumni PIIC ke tengah masyarakat agar berkontribusi positif bagi pengembangan dan pembangunan di daerah  masing-masing.
D.  Mempersiapkan alumni program beasiswa unggulan untuk berperan di instansi, lembaga ataupun institusi strategis demi kepentingan bangsa dan negara.
 
 
Ketentuan peserta program Beasiswa Unggulan adalah 80% berasal dari lulusan terbaik dan hasil seleksi berdasarkan kriteria standar dari Depdiknas serta lulus tes wawancara. Sedangkan 20% berasal dari staf Pemda dan staf Depdiknas yang lulus hasil seleksi berdasarkan kriteria standar dari Depdiknas serta lulus tes wawancara.

+Persyaratan peserta yang diikutkan dalam program PIIC adalah:

a. Lulusan SMA/MA/SMK/Ponpes/Politeknik dan Sarjana yang diusulkan oleh Pemda (Provinsi, Kabupaten/Kota), masyarakat dan industri.
b. Lulusan SMA/MA/SMK/Ponpes/Politeknik dengan nilai terbaik, dilihat dari nilai rapor kelas 1,2,3, NEM rangking 10 besar
c. Siswa dengan nilai tambah non-akademis yang dilengkapi dengan surat keterangan atau sertifikat
d. Pemenang Lomba Iptek/Lomba Karya Ilmiah Remaja Tingkat Nasional
e. Pemenang Lomba Bidang Olahraga Tingkat Nasional
f . Pemenang Lomba Bidang Seni Tingkat Nasional
g. Pemenang Lomba Bidang Bahasa Tingkat Nasional
h. Pemenang Lomba Bidang MIPA Tingkat Nasional
i. Staf Pemda dan Staf diknas dari unit-unit utama serta
jajarannya.
 
Peserta program Beasiswa Unggulan adalah siswa-siswa terbaik yang lulus dan memenuhi kriteria seleksi dari Pendidikan Nasional antara lain berupa seleksi berkas data pribadi, tes wawancara (menguji kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual).

Untuk menumbuhkan kader bangsa terbaik di berbagai daerah di wilayah NKRI diperlukan pelaksanaan program PIIC secara konsisten dan berkesinambungan. Sehingga dengan diadakannya program tersebut, maka sasaran sebagai berikut :

Target penyediaan SDM dalam satu Kabupaten

a.5-25 doktor dibidang pengembangan basic research produk unggulan berbasis potensi sumber daya, bidang sosial dan pendidikan.

b.25-125 Master dibidang engineering development, design produk berbasis potensi sumber daya, sosial engineering pendidikan dan kesehatan.

c.125-625 D4/S1 dibidang pendidikan, produksi, jasa, engineering dan kesehatan. 

2 tanggapan untuk “Beasiswa Unggulan Depdiknas 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s