Tenaga Honorer Daerah (Honda) Pemkok Surabaya Resmi CPNS

1.853 Honda Resmi CPNS

SURABAYA—Pemkot Surabaya akhirnya menepati janjinya menetapkan nama-nama pegawai honorer daerah (Honda) yang bakal diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Jumlahnya 1.853 orang. Penetapan itu diumumkan serempak, Selasa (19/6), di beberapa tempat. Di antaranya, Taman Surya Balai Kota, Jl Jimerto, serta di kantor-kantor SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemkot.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin, nama-nama yang diumumkan tersebut merupakan hasil dari verifikasi data yang dilakukan BKD dengan BKN. Dalam pengangkatan tersebut, kata Yayuk, pangkat para honorer akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan terakhir mereka ketika melamar menjadi honorer.
Dia menjelaskan, sebenarnya Pemkot mengajukan 1.857 nama untuk diangkat jadi CPNS pada periode ini. Namun, empat nama masih tertahan di BKN (Badan Kepegawaian Nasional) pusat. Empat orang itu menggantikan honorer yang batal diangkat.
‘’Sebelumnya, memang ada persoalan menyangkut empat honorer yang akan diangkat. Dua orang mengundurkan diri, seorang dipecat karena indisipliner, dan seorang lagi memilih masuk instansi lain,” ungkapnya.
Dijelaskan lebih lanjut, setelah diumumkan nama-nama yang muncul akan masuk tahap pemberkasan. Para honorer harus menyerahkan berkas-berkas persyaratan untuk diverifikasi ulang. Jika cocok, yang bersangkutan resmi diangkat.
‘’Meski sudah ditetapkan, tidak berarti para honorer langsung bisa menjadi PNS. Mereka bisa gugur jika tidak bisa memenuhi syarat pemberkasan, memberikan data palsu, atau terbukti bertindak kriminal dan indisipliner,” tegas Yayuk.
Setelah penetapan tersebut, Pemkot masih punya tanggungan untuk mem-PNS-kan 3.109 honda. Pemkot berjanji memenuhi instruksi pemerintah pusat, yakni mengangkat honorer selambatnya hingga 2009.
Pengumuman diangkatnya honorer menjadi CPNS pun diwarnai tangis haru serta sujud syukur. ‘’Saya terharu sekali. Ternyata Pemkot Surabaya menepati janjinya. Nama saya tercantum disana,” ujar Pujiningsih, warga Bulak Banteng yang menjadi tenaga honorer sejak sekitar 10 tahun lalu.
Tak henti-hentinya Pujiningsih mengucapkan, ‘’Alhamdulillah,” sembari berulang-ulang melihat namanya di lembar kertas yang ditempelkan di pintu kaca kantor Pemkot Surabaya tersebut.
Demikian juga, Noer Qomariyah, warga Mulyorejo Tengah Gang Salim nomor 10. Ia tak kuasa menahan rasa gembirannya, setelah melihat namanya tercantum dilembar penetapan pegawai honorer, langsung sujud syukur.
“Alhamdulillah ya Allah. Alhamdulillah nama saya ada di situ. Allahu Akbar!! Allahu Akbar!!!,” ucapnya sambil beberapa kali bersujud syukur tak jauh dari pintu kaca tempat pengumuman ditempelkan. Aksi spontan Noer itu mengundang perhatian sejumlah orang yang ada disana.
Sudah sekitar 17 tahun, Noer Qomariyah mengabdikan diri sebagai pengajar di SMP Hidayatull Umah dan kini tiba saatnya perempuan kelahiran Bangkalan, Madura, itu menapaki jenjang baru sebagai CPNS. “Saya bersyukur sekali dengan berkah ini. Alhamdulillah ya Allah,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.(azz)

Satu tanggapan untuk “Tenaga Honorer Daerah (Honda) Pemkok Surabaya Resmi CPNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s