Berapa Panjang Tulisan di Blog?

Berapa Panjang Tulisan di Blog?

Jawabnya, tidak ada aturan yang mengharuskan berapa panjang tulisan di sebuah blog. Ini karena fungsi blog beragam dan penulis blog atau blogger memiliki latar belakang pendidikan dan tradisi yang beragam pula. Seorang yang sudah biasa menulis artikel di media massa cetak mungkin akan menulis agak panjang–walaupun banyak kasus di mana kalangan penulis terkenal pun menulis pendek-pendek di blognya–tapi bagi yang menjadikan blog sebagai latihan menulis atau sekedar buku diari bentuk tulisan bisa sangat pendek, satu atau dua paragraf sudah cukup. Blog bisa juga jadi ‘sarang’ blue print ide-ide besar kita, dan karenanya, ia hanya berupa garis besar pemikiran kira.

Ok, karena budaya ngeblog ini bersumber dari Barat (baca, Amerika), tak ada salahnya kita berasumsi bahwa merekalah yang menentukan standar panjang pendek tulisan di blog. Untuk itu, mari kita lihat contoh beberapa blog terkenal Amerika di bawah:

1. Juan Cole, dia adalah professor politik di sebuah universitas di AS. Rata-rata menulis dari satu artikel setiap hari. Tulisannya rata-rata panjang sekitar 700 sampai 1000 kata. Tulisannya serius dan sangat berbobot. Trafficnya luar biasa, sekitar 100.000-an per hari.

2. Instapundit: ditulis oleh Glen Reynold seorang professor perguruan tinggi di AS dan kolumnis untuk majalah Newsweek. Ia mengklaim dirinya sebagai the grand daddy of political blog. Professor ganteng mirip Richard Gere ini juga menulis di blognya lebih dari satu tulisan setiap harinya. Tulisannya pendek-pendek, sekitar satu atau dua paragraf. Biasanya tulisannya hanya memberi tautan banyak link ke tulisan orang lain plus sedikit komentar dari dia sendiri. Unique visitornya sekitar 150.000-an perhari. Itu artinya, tulisan pendek pun tidak mengurangi nilai atau bobot suatu blog. Yang penting, seberapa besar pengunjung dapat mengambil keuntungan dengan membaca tulisan kita.

Kesimpulan, tuisan pendek atau panjang tidak masalah. Yang penting, ada hal baru yang kita tawarkan dari tulisan tersebut yang dapat bermanfaat bagi pengunjung. Kita tentu maklum, apa gunanya saya mengunjungi blog Anda, atau Anda mengunjungi blog saya, kalau tidak ada hal manfaat yang bisa kita ambil, bukan? Dan yang tak kalah penting, ngeblog dengan teratur. Semakin sering dan teratur semakin baik. Idealnya sehari satu posting. Kalau tidak, seminggu tiga atau dua kali. Yang penting jadwal teratur.

 Salam ngeblog!

47 tanggapan untuk “Berapa Panjang Tulisan di Blog?

  1. Salam kenal, Mas Fatih Syuhud! Kalau posting di Blog, jujur saya pribadi juga lebih suka pendek aja tulisannya. Sing penting kalau bisa postingnya berbobot, unik dan bener paling tidak harus memberi manfaat bagi orang yang membacanya.

    Suka

  2. yup… betul kali mas saya pun merasa begitu,… walaupun saya masih newbie.. tapi saya ingin menulis ide-ide saya di blog yang mungkin aja apa yang saya tulis bisa bermanfaat buat orang lain thank’s mas atas infonya

    Suka

  3. Assalamu’alaikumww

    salam Kenal
    Saya baru saja membuat Blog,dan masih mencari inspirasi untuk membuat tulisan, terimakasih untuk tips2nya.

    Suka

  4. nah ini dia yang masih mau dipraktekkan, menulis dengan teratur…
    bahan menulis sebenarnya enak seperti mas..tutorial blog..hanya masih belajar, jadi ya nulis seadanya..

    Ditunggu mas tips-tips berikutnya..

    Suka

  5. Thx tipsnya mas… AKu baru menemukan blog ini. sebenarnya aku udah punya satu blog, tapi udah hampir setahun gak ada posting..hehe…
    Dari tips ini aku baru ngeh, bahwa lebih baik belajar untuk menulis dulu secara ajeg (mungkin sambil membiasakan diri memancing ide ya mas..)
    Belajar ngeblog lagi ahh…

    Suka

  6. hehehe iya bener banget tuh mas, kadang tulisan kalau terlalu panjang malah jadi ga nyambung dengan apa yang harusnya menjadi topik utama dari sebuah tulisannya 😀

    Suka

  7. Assalamualaikum
    Salam kenal
    Saya mau bertanya:
    Kalau kita mengambil tulisan di blog orang lain dg tetap mencantumkan penulis dan alamat/sumber aslinya tanpa meminta izin penulis terlebih dahulu apakah itu melanggar hukun?

    Suka

  8. hai mas..
    posting di blog ku biasanya panjang2..huhehehe…
    tergantung kondisi dan situasi..
    ga tau lah bermanfaat buat orang atau ga.
    yang penting kan bisa jadi tempat buat meluapkan suatu rasa,,

    thanks for the tips!

    Suka

  9. saran nie,mungkin blognya pak yusril bisa dimasukkan dalam list diatas,

    secara pak yusril praktisi, akademisi, pernah membuat pidato untuk presiden Alm. Soeharto, dan tulisan di blog beliau sangat berbobot. 🙂

    Suka

  10. Mas…. aku penghuni baru jagat blog. Blogmu ini cukup bermanfaat bagiku. Untuk sementara blog ku gak mau di utak atik dengan script tambahan. Sedang memotivasi diri untuk menulis diblog.

    Suka

  11. hi, kenalkan nama saya silvie. saya baru saja membuat sebuah blog, cansilia.wordpress.com. saya benar-benar masih pemula. jadi saya harap uluran bantuan untuk memberitahukan dimana kekurangan yang ada pada blog saya. terima kasih sekali.

    Suka

  12. Merangkai kata menjadi bermakna.

    Tulisan blog tidak perlu panjang, biasanya blog walker hanya sekedar mampir dengan membaca sistem scaning.
    Kalau terlalu panjang, tulis saja dalam bentuk makalah atau essay.

    Penjaga Sanggar Mewah

    Suka

  13. Betul Mas, saya hampir tiap hari kirim blog namun agak tersendat ketika harus pidah dari WP ke hosting sendiri. Memang awal awal ngbelog ( bulan juli ) agak susah untuk cari tema yang bermanfaat bagi diri dan orang lain. Alhamdulillah kesininya lancar aja karena ternyata banyak yang bisa kita jadikan tema di sekitar kehidupan kita. Dan panjangnyapun tergantung dari tema yang ketika itu didapatkan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s