Blog Gratis atau Top Domain?

taman bungaKetika pertama kali timbul hasrat untuk ngeblog atau mungkin setelah sekian lama punya blog di blog gratis (subdomain) seperti blogger.com (blogspot.com), wordpress.com, blogsome.com dll, mungkin sedikit terpikir di hati Anda untuk memiliki blog top domain dg domain dan hosting sendiri dg namakeren.com, namakeren.org, namakeren.net.

Pertanyaannya, seberapa perlukah blog top domain? Sebelum Anda mengambil keputusan, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin beriut dari sisi positif dan negatifnya:

Memakai top domain itu baik apabila:
1. Anda memang senang buang waktu dan energi untuk otak atik blog dan html/javascript.
2. Anda seorang pelajar IT (informatika), jadi blog top domain dipakai sebagai semacam laboratiorium (lab) untuk praktek keilmuan yg digeluti.
3. Blog Anda bukan personal, alias komersil. Contoh, blog lowongan kerja, lowongan beasiswa, info gadget (camera digital, handphone, laptop, plugins wordpress, dll).

Blog top domain itu kurang dianjurkan/kurang positif apabila:

1. Sekedar buat keren-kerenan (ini alasan paling bodoh).
2. Anda ingin fokus pada content (isi) blog, bukan pada tampilan.
3. Anda kurang menguasai tetek bengek wordpress dan plugins-nya (software blog yg paling banyak dipakai blog top domain).
4. Anda ingin tulisan refleksi Anda abadi, tidak hanya selama Anda hidup, tapi juga dibaca anak cucu Anda kelak. Keinginan ini sulit dg blog top domain yg pembayarannya mesti diperbarui terus-menerus. Nah, kalau Anda sudah meninggal, siapa yg akan ngurus?

Alternatifnya, apabila Anda tetap bersikeras ingin punya alamat blog yg “gagah” alias top domain untuk buat pamer di kartu nama, tapi juga ingin kandungan blog Anda abadi seperti di blogspot/blogger, maka silahkan beli domain saja tanpa hosting dan redirect-kan ke blog blogspot Anda. Keuntungannya lagi, membeli domain saja (tanpa hosting) itu harganya sangat murah dan bisa sekaligus beli untuk waktu 7 (tujuh) tahun. Contohnya seperti Blogger Indonesia yg bisa diakses di afsyuhud.blogspot.com (alamat asli) dan juga melalui redirect http://www.fatihsyuhud.com (alamat domain ini disewa untuk masa 7 tahun, dan seandainya mati tidak masalah, karena alamat utama yakni di blogspot akan tetap hidup). [Update: dengan dideletenya blog tsb. oleh blogger.com, maka isi afsyuhud.blogspot.com dapat dilihat di fatihsyuhud.com dan/atau di afatih.wordpress.com. ]

Updated: Last but not least, bagi blogger yang blognya sudah cukup populer dan bertraffic tinggi, ada baiknya untuk membackup file-file artikelnya di blog gratis lain; atau mulai memakai hosting sendiri. Namun bagi blogger baru, blog gratis masih jadi alternatif terbaik sebagai launching pad tradisi ngeblog (baca, tradisi menulis).

salam ngeblog,

26 tanggapan untuk “Blog Gratis atau Top Domain?

  1. aq komen dikit ya. Makasi neh infonya, aq seorang newbie dalam dunia bloger. Blog yang aq buat http://www.devon.co.nr. Isinya Software and Game.
    ______________________________________________
    —————————————————-

    Suka

  2. Cuma kasih saran tentang

    Updated: Last but not least, bagi blogger yang blognya sudah cukup populer dan bertraffic tinggi, ada baiknya untuk membackup file-file artikelnya di blog gratis lain; atau mulai memakai hosting sendiri. Namun bagi blogger baru, blog gratis masih jadi alternatif terbaik sebagai launching pad tradisi ngeblog (baca, tradisi menulis).

    Hati-hati melakukan kopi paste atau memperbanyak artikel anda. Karena bisa terjadi duplikat konten. Dan web utama anda turun pagerank-nya atau turun di index mesin pencari.

    Suka

  3. Mas Fatih,
    Mohon bantuannya donk, saya masih pemula sebaiknya saya buat blog pake yang mana agar tampilan nya cantik spt punya anda, punya gak rekomendasi blog mana yang paling bagus & gampang di atur, dan kalau mas Fatih punya buku panduan blog boleh dah di bagi ke gua.
    Thanks lho mas

    Suka

  4. @gitablu: dont worry friend. aku masih menemanimu di sini. saya masih pake blog gratisan juga kok. seandainya gak didelete blogger.com, afsyuhud.blogspot.com masih akan saya pake selamanya. salah satu tujuannya adalah untuk “menemani” rekan2 yg pake blog gratis.

    Suka

  5. Kalau pakai yang gratisan rasanya susah untuk mempraktekkan apa yang di ajarkan oleh para blogger profesional baik dalam maupun luar negeri karena harus masuk ke server dan mengubah ubah privilige.
    Terlepas itu akan abadi atau tidak tergantung bloggernya itu sendiri dan juga jika untuk tujuan komersil, banyak yang mengatakan bahwa jauhi skema ingin cepat kaya sehingga butuh waktu.

    Suka

  6. Ping-balik: Budayawan Muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s