Plugins Artikel Terkait di WordPress.com?

Artikel Terkait di Wordpress.comOleh fatihsyuhud.com

Kalau Anda punya blog wordpress dengan hosting sendiri, maka Anda bisa memasang plugins “Related Articles” di blog Anda. Plugin ini akan secara otomatis menampilkan artikel-artikel terkait dengan posting terbaru Anda. Biasanya diletakkan persis di bawah atau di bagian akhir posting. Memasukkan “artikel-artikel terkait” ini penting, agar pembaca bisa betah di blog kita, atau mungkin apa yang dicari pembaca ada di artikel-artikel terkait tersebut.

Bagaimana dengan blog wordpress gratis seperti wordpress.com? Bisakah kita pasang artikel terkait? Tentu saja bisa. Bedanya, kalau di wordpress.com, kita mesti pasang secara manual. Agar kerja kita lebih mudah, ikuti cara praktis sebagai berikut:

1. Simpan link seluruh artikel Anda di notepad.
2. Buat kategori di notepad tersebut untuk lebih memudahkan apabila link-link itu diperlukan. Contoh, artikel tentang agama masukkan di bawah “Agama”, yang bernuansa personal taruh di bawah “Personal”, yang berbau budaya taruh di bawah “Budaya” dst.
3. Apabila selesai, maka setiap kali Anda membuat artikel baru, jangan lupa taruh “Artikel Terkait” di bagian bawah posting terbaru.

Lihat contohnya di sini.

Oh ya tips ini tentu saja berlaku juga buat blogger.com / blogspot.

5 tanggapan untuk “Plugins Artikel Terkait di WordPress.com?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s