Tips Sukses Menulis di Blog

Tips Sukses Menulis di BlogOleh fatihsyuhud.com

Ada satu hal yang baru saya sadari belakangan ini seputar kesuksesan menulis di blog yaitu setiap kali saya berniat, “iseng-iseng nulis artikel satu paragraf aja, ah,” ternyata malah dengan sangat lancar tulisan mengalir dan jadinya lebih dari satu paragraf. Sebaliknya, seringkali saat saya berniat membuat tulisan panjang, malah jalannya ide dan rangkaian kata suka terseok-seok dan tak jarang gagal sampai ke tujuan akhir yang akhirnya malah teronggok di daftar tulisan draft.

Jadi, bagi Anda yang merasa kesulitan menulis di blog, bisa juga dicoba resep saya ini: niatkan menulis satu paragraf saja. Kalau ternyata jadinya satu paragraf betulan, ya tidak apa-apa. Diposting aja. Dan hindari berniat membuat tulisan panjang supaya otak dan urat syaraf Anda tidak terlalu terbebani.

Salah satu kegagalan menulis adalah kita terlalu terbebani oleh ekspektasi kita sendiri yang ingin menulis sempurna yang akhirnya bukan hanya tidak sempurna tapi malah tidak menulis sama sekali.

Catatan:

Apabila Anda berencana membuat tulisan panjang, kemudian di “tengah jalan” Anda kurang mood untuk meneruskan tulisan tersebut, maka solusi terbaik adalah jangan disimpan sebagai draft, tapi dipublish saja. Jangan lupa tulis di akhir tulisan dengan kata “(bersambung)” supaya pembaca tahu bahwa tulisan itu belum selesai.

Semoga membantu.

Artikel Terkait:

Tip Menulis di Media Massa Cetak atau Online

Tips Menulis di Blog

93 tanggapan untuk “Tips Sukses Menulis di Blog

  1. Waduh…dari dulu sebenar nya cita2 sy jadi penulis,saya pingin tulis apa aja yg mau saya tulis, tapi koq ya buntu kayaknya ga pas pas buat di tulis,gmn neh???

    Suka

  2. iseng-iseng menulis jadi internet marketer handal, itu harapanku..walau masih newbie n belum bisa menulis sehebat boz, yang penting mencoba, praktek, terus dan mencoba, praktek, terus dan mencoba, prakte, terus……setuju?

    Suka

  3. Ooh, jadi intinya mo tulisan dah bener-bener jadi atau mo yang setengah jadi di publish aja ya Om. Makasih ya Om, saya selama ini suka nyimpen tulisan di draft kalo kebetulan belum siap, biasanya sih mandeg di tengah karena kekurangan bahan literaturnya. Makasih ya Om sarannya.

    Suka

  4. Mantaap tipsnya. Skalian mau ngundang untuk nulis di Tabloid Internet media cetak bidang internet yang terbit nasional. Yah itung-itung dapat promosi gratis, karena tiap artikel yang dimuat di Tabloid Internet akan dicantumin link blognya juga lho..

    Suka

  5. Bener juga ya… Di postingan saya juga ada yang waktu nulisnya antara mood dan nggak (Pentingnya K3 dlm p’nggunaan kmptr). Tapi saya publish aja. Pas saya baca lagi kyknya emang kurang komplit, deh…. Mau benerin saya dah bad mood bgt. Tp ga sy ks ket. bersambung n tau2 ada yg ngomentarin. Katanya tulisannya ga lengkap ni, hehehe… Saya jd malu deh…
    Thanks lagi yah mas tipsnya…

    Suka

  6. Bisa nggak ya tulisan dari file yg ada di komputer dimasukkan ke dalam blog? Apakah hrs berbentuk word, atau bisa dlm bentuk power point. Makasih tutorialnya, baru awalmencoba nih..

    #bisa dua2-nya. dalam bentuk word/power point caranya dg di upload. unt. di posting, caranya copy & paste ke posting.

    Suka

  7. wahh saya setuju sekali…mas makasih loh dah ngasi ilmu yang banyak aku jadi manteng di sini aja…maklum masih hijau sekali, eh mas minta komentarnya dong di blog aku. sekalian minta pentunjuk supaya biar lebih cihuuuyy,
    thanks loh atas tutorialnya

    Suka

  8. maz aq lagi da masalah ni…tiap kali masukin tulisan di postingan, tullisannya jadi hancur. biasanya kalo aq mau buat tulisan, aq ketik dulu di word truzz aku copy paste ke postingan. eh setelah aq coba liat blognya malah ancur tulisannya. sebelum tulisan yang aq buat ad semacam kode gitu. ga paham tu kode apa.
    makasih juga…banyak sekali yang bisa aq dapet di blog ini.

    #waktu copy/paste ke posting wordpress, coba kamu tekan “HTML” terlebih dahulu. baru di paste.
    wish u luck!

    Suka

  9. Dulu sy suka nulis ga tentu arah yg penting bisa curhat… jadinya kadang seperti puisi atau malah bahasanya ngawang-ngawang… eh… skrg mesti nulis dgn tema.. agak mikir sih… tp sing penting suka menulis, seneng menulis, berani menulis, nulis..nulis…& nulis….

    Suka

  10. Setuju mas fatih… Itu yang saya lakukan sebelum membaca tips dari mas. Saya lagi ga mood nulis, akhirnya, saya tulis aja (bersambung). hehehehe….

    Suka

  11. betul. kalo boleh nambahin, jangan mengoreksi dl tulisan sblm tulisan beres. so jauhkan tuh jari dari tombol delete n backspace..sebelum smua yg ada dikepala tumpah ke tulisan. thanx mas fatih. lam kenal

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s